Rabu, 30 Maret 2011

Perkembangan telekomunikasi dari jaman ke jaman

Perkembangan teknologi telekomunikasi dari dulu hingga sekarang sangatlah berbeda jauh. Jumlah teknologi telekomunikasi dari zaman dahulu hingga sekarang sangat banyak. Beberapa jenis teknologi telekomunikasi dari zaman dahulu hingga sekarang
yaitu:
A. Telepon Kaleng
Telepon Kaleng merupakan alat komunikasi dua arah yang paling sederhana dan paling pertama. Telepon ini menggunakan dua buah kaleng yang dihubungkan dengan kawat. Kelemahan dari alat ini ialah tidak bisa dilakukan pada jarak jauh.





  
 B. Telegram
Telegram merupakan fasilitas yang digunakan untuk menyampaikan informasi jarak jauh dengan cepat, akurat dan terdokumentasi. Telegram berisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh alat yang disebut telegraf  dengan menggunakan kabel-kabel yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi yang lain melalui bawah laut.

C. Walkie Talkie
Walkie talkie adalah alat yang mudah dibawa-bawa. Ketika suara yang keluar hanya bisa didengar oleh si pemakai, pengeras suara yang terdapat pada walkie talkie dapat didengar oleh pemakainya dan mereka yang berada di sekitarnya.salah satu kelebihan dari walkie talkie adalah bila alat komunikasi lain membutuhkan jaringan atau sinyal agar dapat berkomunikasi, maka walkie talkie memiliki keunggulan dapat berkomunikasi di tempat-tempat yang tidak ada jangkauan gelombang/sinyal. Karena walkie talkie dapat dipergunakan berkomunikasi sekali pun berada dalam hutan, dimana sinyal biasanya mendapat gangguan dikarenakan tidak dapat menjangkau lokasi tersebut, walkie talkie dapat digunakan selama berada dalam jarak jangkauan antara pengguna walkie talkie. Namun, bentuk walkie talkie kurang fashionable. Jangkauan jaringan makin luas, biasanya bentuk walkie talkienya semakin besar. Jadi ngga praktis aja gitu. Gak kaya hp yang fiturnya bisa macem-macem (ada kamera, bentuknya fashionable, internet, bisa jadi modem, dll)










 D. Telepon
Telepon adalah alat elekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik.  telepon pertama kaliditemukan oleh Alexander Graham Bell. 

E. Handphone/Telepon Genggam
ponsel-ponsel yang masuk ke Indonesia juga sejalan dengan perkembangan operator-operator seluler .Kehadiran ponsel di Indonesia dimulai dari generasi kedua, sampai generasi ke empat (yang sekarang banyak beredar di pasaran). 
 
Generasi pertama 






Generasi Kedua:

Ponsel generasi ini juga biasa disebut 2G hadir pada pertengahan 1990-an.Beroperasi pada jaringan GSM dengan menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz.Pada generasi ini sinyal analog telah di ubah dengan sinyal digital.Penggunaan sinyal digital melengkapi ponsel dengan pesan suara,panggilan tunggu dan SMS.

 

Generasi Ketiga
Ponsel generasi ini juga disebut 3G, fiturnya adalah memungkinkan operator jaringan untuk memberi para pengguna ponsel ini memiliki jangkauan yang lebih luas,termasuk internet dan Video call berteknologi tinggi.


 Generasi Keempat:

Ponsel generai ini juga disebut 4G.4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan babak baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi wireless yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro),CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dll.Sistem 4G berdasarkan keragaman jaringan IP,yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas utnuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir,4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, game on-line, dan lainnya.



Generasi mendatang  :D


semoga infonya bermanfaat ya ;)


1 komentar: